Selasa, 11-September-2007, 05:54:56

TANGERANG - Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-III Akademi Kebidanan Bina Husada menggelar acara Simposium Sehari dengan tema “Anemia Dalam Kehamilan (Preparat Mineral Besi Terkini)”.

Acara ini diadakan di Aula Akbid Bina Husada Tangerang yang beralamat di Jl. Raya Serpong No. 29 A-C Serpong Tangerang, Sabtu (8/9) lalu. Acara ini dibuka pada pukul 09.00 dan dihadiri oleh bidan-bidan se-wilayah Tangerang dan sekitarnya.
Selain diikuti mahasiswa dari Akbid Bina Husada, juga dihadiri oleh beberapa akademi kebidanan lain di wilayah Tangerang. Simposium ini menghadirkan 2 pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Dr Ong Tjandra SpOG sebagai pemilik dari Yayasan Nur Soraya yang membawahi Akbid Bina Husada serta sekaligus menjadi direktur pada Akbid Bina Husada Tangerang. Pembicara kedua adalah dari Interbat, Fauzan, yang mengemukakan produk unggulan Inbion yang diberikan khusus bagi ibu hamil yang mengalami anemia dalam masa kehamilannya.

Sebagai institusi pendidikan yang bertujuan melahirkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu bertanggung jawab terhadap tugasnya untuk memberikan bantuan atau pertolongan pada garda depan persalinan dan menciptakan bidan-bidan profesional, maka tema simposium itu diharapkan dapat memberikan khasanah ilmu baru bagi bidan-bidan di lapangan. Di mana kasus ibu hamil dengan penderita anemia ini memiliki persentasi yang besar dan mencapai 58% untuk negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.
Akademi Kebidanan Bina Husada sudah dikenal di wilayah Banten dan sekitarnya bahkan sampai ke wilayah luar Jawa seperti Lampung, Medan, Kalimantan, Sulawesi dan beberapa daerah lain. Hingga kini, Akbid Bina Husada telah berjalan selama 4 tahun dan telah mempunyai izin SK Mendiknas RI No. 96/D/0/2004, Rekomendasi dari depkes RI No.K.S.02.1.5.2535 A. Dan sesuai SK Mendiknas RI 184/4/2001 Akbid Bina Husada tidak perlu melaksanakan ujian Negara dan diperlakukan sama dengan Perguruan Tinggi Negeri.  (Saat ini sudah TERAKREDITASI)*

Akademi Kebidanan Bina Husada dilengkapi berbagai fasilitas dan sarana seperti ruang kuliah yang nyaman, laboratorium komputer, perpustakaan, laboratorium keperawatan, kebidanan dan biomedik. Selain itu juga didukung oleh para pengajar yang berpengalaman, berkualitas, dan berdedikasi tinggi.

Akbid Bina Husada menerapkan kurikulum pendidikan program DIII Kebidanan sesuai dengan kurikulum inti yang digariskan pemerintah, ditambah mata kuliah muatan lokal dan keterampilan wajib yaitu Bahasa Inggris Medis, Komputer, Ilmu Bedah, Penyakit Dalam, Kegawatdaruratan, Lansia, dan Ilmu Psikologi Gender. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta didik dengan efektif, maka metode yang dipakai adalah pembelajaran teori dan studi kasus, seminar dan lokakarya, studi kepustakaan, praktek klinik, praktek laboratorium dan praktek lapangan.

Untuk menunjang semua kegiatan lapangan, Akbid Bina Husada bekerja sama dengan berbagai Institusi seperti Rumah Sakit Umum, RS Swasta (RS Kesdamjaya Daan Mogot, RS Global Medika, RS Sumber Waras), Dinas Kesehatan, dan Puskesmas-Puskesmas, IBI dan Bidan Swasta. Selain itu Bina Husada memiliki Rumah Sakit Bersalin sendiri.
Untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan bidan guna menurunkan angka kematian ibu dan anak maka Akbid Bina Husada menerima mahasiswa baru untuk gelombang III dengan program reguler (lulusan SMU) dan Program Khusus (lulusan D1 Kebidanan). Program khusus diperuntukkan bagi para bidan yang sudah di lapangan yang masih memiliki izazah D1, sementara tuntutan profesi mensyaratkan bidan minimal harus lulus DIII Kebidanan. Bagi lulusan D1 lama masa pendidikan adalah 4 semester (2 tahun).
Sesuai motto dari Akbid Bina Husada “Berusahalah, semoga engkau dapat melakukan satu perbuatan yang keharumannya tidak pernah pudar dari dunia…” secara terpisah Dr Ong Tjandra SpOG selaku Direktur Akademi Kebidanan Bina Husada menyampaikan bahwa selain syukuran atas pergantian kepemilikan dan pengelola Akbid Bina Husada diharapkan Akbid Bina Husada dapat memberikan yang terbaik bagi anak didiknya dan masyarakat pada umumnya. Acara ini dirangkai dengan acara Dies Natalis Akbid Bina Husada yang ke-3 dengan mengadakan simposium sehari.
Dr Ong Tjandra juga berharap acara ini dapat menjadi even tahunan yang mengusung tema-tema yang menambah wawasan bagi masyarakat, mahasiswa dan bidan-bidan pada khususnya. (**/adv)

Pengunjung

Hari ini 9

Kemarin 88

Minggu ini 9

Bulan ini 2056

Semua 96028

Currently are 10 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions