22 September 2011

Ass.Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Yth. Ketua dan para pengurus Yayasan Pendidikan Nur Soraya
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Banten atau Yang Mewakili
Yth. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Banten atau Yang Mewakili
Yth. Ketua IBI Propinsi Banten
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kab. & Kota Tangerang
Yth. Kepala Dinas Kesehatan Kab. & Kota Tangerang
Yth. Direktur Akbid Bina Husada Tangerang
Yth. Ketua dan Anggota Senat Akademik Akbid Bina Husada Tangerang
Yth. Seluruh Civitas Akademika Akbid Bina Husada Tangerang
Yth. Para Pimpinan PTS dan RS , Undangan dan Orang tua/wali
Yang saya banggakan Para Wisudawati.
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas taufik dan hidayahNya pada pagi ini kita masih diberikan segala kenikmatan, kesempatan dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka wisuda Ahli Madya Akbid Bina Husada Tangerang.
Selanjutnya perkenankanlah saya a.n Koordinataor Kopertis Wilayah IV Kemdiknas mengucapkan selamat kepada para wisudawati yang diwisuda pada hari ini dan juga kepada orang tua dan keluarga wisudawati. Para wisudawati telah menunjukkan kepada orang tua dan keluarga dan juga masyarakat bahwa saudara adalah generasi muda bangsa yang bisa dibanggakan dan bisa diharapkan untukk membangun bangsa ini dalam rangka menuju ke keadaan yang lebih baik di masa yang akan datang. Kepada orang tua dan keluarga wisudawati, orang tua asuh, para donatur, dan penyedia beasiswa, saya pun ingin menyampaikan rasa gembira serta selamat atas keberhasilan yang telah dicapai oleh para wisudawati ini. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada Direktur Akbid Bina Husada Tangerang atas kerja sama dan usaha yang sangat keras dan sungguh – sungguh sehingga para wisudawati dapat menyelesaikan studinya dengan baik.
Selanjutnya visi pendidikan nasional menurut Undang-Undang no. 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional yaitu untuk mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia cerdas komprehensip dan kompetitif. Dengan melaksanakan Misi Pendidikan Nasional (Misi 5K) yaitu: meningkatkan Ketersediaan layanan pendidikan; memperluas Keterjangkauan layanan pendididkan; meningkatkan Kualitas/Mutu/Relevansi layanan pendidikan; mewujudkan Kesetaraan dalam memperoleh layanan pendididkan dan menjamin Kepastian memperoleh layanan pendidikan.
Insan Indonesia cerdas dan kompetitif tersebut diaktualisasikan melalui cerdas spiritual (olah kalbu), cerdas emosional (olah rasa) dan social (interaksi social), cerdas intelektual (olah pikir) dan cerdas kinestik (olah raga) serta kompetitif antara lain pribadi yang unggul dan gandrung akan keunggulan, bersemangat tinggi, mandiri pantang menyerah, dan pembelajar sepanjang hayat. Hal ini saya sampaikan dalam forum wisuda ini dalam rangaka mensosialisasikan misi dan visi Kementrian Pendidikan Nasional tahun 2025 yang perlu kita ketahui bersama yaitu untuk menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif.
Para pimpinan Akbid Bina Husada Tangerang, para wisudawati orang tua dan para hadirin sekalian yang saya hormati,
Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa Akbid Bina Husada Tangerang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggaran pendidikan Diploma (Profesional – Bidang Kesehatan) yang ditempuh kurang lebih 3 tahun ( 6 semester) dan Insya Allah lulusannya sudah memiliki Kompetensi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Kompetensi (lulusan) berarti kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi perlu dimiliki oleh setiap lulusan karena kita dapat pastikan setelah lulus akan terjun ke masyarakat dan akan bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya yang sebidang.
Pada hakekatnya pendidikan merupakan upaya pemberian pengalaman bagi peserta didik, dan pengalaman ini akan menjadi stimulus bagi perubahan perilaku potensial peserta didik tersebut. Artinya setelah mengikuti pendidikan seorang peserta didik seharusnya mempunyai kemampuan baru yang tidak dimiliki sebelumnya, dan kemampuan ini seharusnya menjadi modal dasar bagi pengembangan diri lebih lanjut dalam rangka menjawab tantangan hidup yang akan dihadapinya. Dengan demikian dengan memperhatikan konteks yang luas ini, sebenarnya harapan masyarakat kepada Akbid Bina Husada Tangerang ini tidak saja dikaitkan dengan kesempatan kerja dan kesejahteraan ekonomi tetapi lebih jauh lagi dari itu, yaitu dalam pemebentukan system nilai, seperti nilai-nilai kejujuran, nilai-nilai kebenaran, nilai-nilai kepedulian terhadap sesama dan kebersamaan, serta nilai kepeloporan yang akan dijadikan sebagai acuan bagi setiap perilaku peserta didik dan pada gilirannya system nilai tersebut menjadi acuan prilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Tentu saja harapan masyarakat ini tidak mudah untuk dipenuhi karena perguruan tinggi menghadapi kondidsi yang saling bertentangan, disatu pihak perguruan tinggi harus bekerja keras untuk mrnjalankan misinya dan kerja keras ini tentu saja membutuhkan sumber daya (resourse) yang tidak sedikit, padahal di pihak lain, keberdayaan sumber daya ini sangat terbatas. Untuk menghadapi situasi ini, diperlukan suatu pengembangan tatapamong yang baik (good university governance) dan terobosan-terobosan dalam menggalang dana sumber daya lainnya dalam efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya tersebut.
Para hadirin yang berbahagia
Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin menegaskan kepada wisudawati bahwa acara wisuda ini merupakan tradisi bagi setiap perguruan tinggi dan mengandung arti penting, yaitu pengukuhan dan pengakuan bahwa para wisudawati telah masuk kepada suatu fase kehidupan yang lebih berwawasan akademik, yang harus ditunjukkan dalam pemikiran dan tindakan yang professional dan lebih maju. Oleh karena itu upacara wisuda jangan dilihat sebagai kegiatan seremonial semata, melainkan sebenarnya bermakna sebagai upacara pengukuhan dan tanggung jawab yang ditandai dengan mengucapkan janji wisudawati. Tanggung jawab ini pada dasarnya meliputi tanggung jawab memelihara nama baik citra almamater. Hal ini merupakan konsekwensi dari disiplin ilmu serta kesarjanaan yang didapatkan dalam kampus dan disandangnya di tengah-tengah masyarakat luas.
Para hadirin yang saya hormati, para wisudawti dan para orang tua yang bebahagia
Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga kita senantiasa berada dalam bimbingan dan lindungan Allah SWT, sekali lagi saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh civitas akademika Akbid Bina Husada Tangerang karena sudah melaksanankan wisuda dengan baik, karena wisuda ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Akbid Bina Husada Tangerang sebagai lembaga pendidikan tinggi kepada masyarakat (pemangku kepentingan), dan juga kepada para wisudawati sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses atas diraihnya gelar Ahli Madya Kesehatan (Kebidanan). Semoga kelak akan menjadi manusia yang berhasil dan beguna bagi nusa bangsa sesuai dengan harapan dan citi-citanya.
Sekian dan terima kasih,
Wasalamualaikum Wr Wb.

Koordinator Kopertis Wilayah IV



Sekretaris Pelaksana,

H. Hidayat

Pengunjung

Hari ini 5

Kemarin 97

Minggu ini 689

Bulan ini 2462

Semua 75018

Currently are 32 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions