Yayasan Nur Soraya

 

Yayasan Nur Soraya bergerak dalam bidang kesehatan dan pendidikan berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia No. C-759. HT. 02. TH 2005. Terdaftar berdasarkan Akte Notaris No. 39 tanggal 21 Maret 2005 di Timika, Papua. Telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat Papua sejak tahun 1999 termasuk pengabdian kepada masyarakat asli Timika yang dikenal dengan sebutan 7 suku.

           

Dalam kehidupan pengabdian selama berinteraksi dengan masyarakat Papua menimbulkan kesadaran akan tingginya tuntutan pendidikan guna peningkatan kehidupan masyarakat Papua khususnya penduduk asli Timika. Kesadaran inilah yang menjadi latar belakang perluasan kegiatan pelayanan dari bidang kesehatan menajdi bidang pendidikan yang telah dikerjakan sejak tahun 2004. Karena diyakini bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan adalah kunci bagi kemajuan peradaban.

 

Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang

 

Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang berdiri pada tanggal 14 Agustus 2002 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas RI No. 177D/O/2002 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Bina Husada. Akademi Kebidanan Bina Husada secara operasional mulai berjalan pada tahun 2004. Legalitas Akademi Kebidanan Bina Husada telah melalui beberapa perpindahan Yayasan dan telah melakukan perpanjangan izin operasional, yang dapat dilihat dalam Surat Keputusan dibawah ini:

  1. Surat Keputusan Mendiknas RI No. 177D/O/2002 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Bina Husada Bekasi di Bekasi diselenggarakan oleh Yayasan Medistra Indonesia di Bekasi tertanggal 14 Agustus 2002
  2. Surat Keputusan Mendiknas RI No. 96/D/O/2004 tentang Perubahan Nama Yayasan/Badan Penyelenggara Akademi Kebidanan Bina Husada di Bekasi tertanggal 29 Juni 2004. Dalam hal ini Akademi Kebidanan Bina Husada dibawah Yayasan Pelita Bangsa Indonesia di Tangerang, operasional mulai berlangsung di Jl. Raya Serpong No. 29 A-C, Serpong-Tangerang
  3. Surat Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 3193/D/T/2006 perihal Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Akademi Kebidanan Bina Husada tertanggal 29 Agustus 2006.
  4. Surat Keputusan Mendiknas RI No. 77D/O/2008 tentang Alih Kelola Akademi Kebidanan Bina Husada di Bekasi yang di Selenggarakan oleh Yayasan Pelita Bangsa Indonesia di Tangerang Kepada Yayasan Nur Soraya di Tangerang tertanggal 16 Mei 2008.
  5. Surat Departemen Pendidikan Nasional Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV No. 3963/D/TIK-IV/2009 perihal Perpanjangan Ulang Izin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan Jenjang Diploma Tiga (D-III) tertanggal 2 Desember 2009
  6. Surat Departemen Pendidikan Nasional Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV No. 12610/D/T/K-IV/2012 perihal Perpanjangan Izin Program Studi Keidanan Jenjang D-3 di Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang tertanggal 25 Juli 2012

        Berdasarkan hal tersebut diatas, Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang berada dibawah naungan Yayasan Nur Soraya terhiung sejak tahun 2008 hingga saat ini. Yayasan Nur Soraya merupakan organisasi yang bergerak dalam berbagai bidang diantaranya kesehatan, sosial dan bidang pendidikan yang memiliki visi untuk turut ambil bagian dan memberikan konstribusi yang positif didunia pendidikan bidang kesehatan.


         Besarnya perhatian Yayasan Nur Soraya (YNS) dalam bidang pendidikan dan kesehatan, mendorong Yayasan untuk membuat institusi pendidikan bidang kesehatan lainnya, sehingga pada tahun 2011 terlahir institusi pendidikan kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Permata Medika yang memiliki 3 program studi (1) S1 Keperawatan, (2) DIV Bidan Pendidik dan (3) DIII Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.

         Saat ini bertempat di Jl. Kutai Raya No. 1 Perumnas III, Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten. Akademi Kebidanan ini bertujuan  menciptakan tenaga kesehatan khususnya bidan yang terampil dan profesional. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan khususnya di kabupaten Tangerang sebagai kabupaten yang sedang berkembang dipandang perlu untuk menyelenggarakan pendidikan kesehatan pada program D-III Kebidanan. Kehadiran Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap arah pembangunan nasional untuk mencapai target SDGs tahun 2016 - 2030 khususnya di Tangerang.

         Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang telah melakukan penerimaan mahasiswa baru sejak tahun 2004, sehingga saat ini telah memiliki 13 angkatan dan 10 angkatan telah diluluskan untuk program reguler dan 8 angkatan untuk program alih jenjang.

         Dalam proses perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, pada Bidang Pendidikan dengan peningkatan proses belajar mengajar maupun sarana dan prasarana yang ada untuk meningkatkan kemampuan SDM dan peserta didik.

         Bidang Pengabdian masyarakat dengan meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat baik dari institusi pendidikan, kegiatan pendidikan maupun pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh staf maupun peserta didik.

         Bidang penelitian meningkatkan kemauan dan kemapuan melakukan penelitian untuk seluruh staf dan peserta didik baik agar dapat memberikan konstribusi terhadap dunia pendidikan dengan melakukan penelitian dan mengetahui fenomena yang terjadi di masyarakat khususnya bidang kesehatan, juga kemajuan pelayanan kesehatan, melalui sebuah lembaga penelitian yaitu LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

#(abh)

 

 

Pengunjung

Hari ini 6

Kemarin 97

Minggu ini 690

Bulan ini 2463

Semua 75019

Currently are 32 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions