PERATURAN DAN KETENTUAN

AKADEMIK DAN PENDIDIDKAN SECARA UMUM

 

            1.   LEMBAGA

Akademi Kebidanan Bina Husada adalah lembaga pendidikan yang berdiri tanggal 10 April 2004, bertempat di Jl. Kutai Raya No I Perum III Karawaci-Tangerang, yang telah menyelenggarakan pendidikan sejak tahun 2004 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 177/D/O/2002.

Sebagai lembaga pendidikan Akademi Kebidanan Bina Husada yang berada di wilayah propinsi Banten berada di satuan kerja wilayah Kopertis IV Jawa Barat dan Banten, sehingga seluruh proses belajar mengajar dilaporkan kepada Kopertis Wilayah IV di Bandung.

 

            2.  PROGRAM PENDIDIKAN

 

Program pendidikan di Akademi Kebidanan Bina Husada terdiri dari jalur umum (reguler) dengan latar belakang pendidikan SMU dan sederajat dan jalur khusus dengan latar pendidikan SPK dengan panjang masa studi 5 semester dan Jalur Khusus dengan latar pendidikan D-1 Kebidanan dengan panjang masa studi 4 semester.

Kegiatan pendidikan di Akademi Kebidanan Bina Husada Tangerang dilaksanakan dengan menggunakan sistem kredit semester dengan sistem semester dan waktu penyelenggaraan selama 3 tahun (6 semester) yang distribusi mata kuliahnya disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan yang dipandang perlu saat ini namun tetap mengacu pada kurikulum inti program D-III kebidanan.

Sistem semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan satuan waktu dalam setengah tahun yang diseut satu (1) semester. Semester adalah satuan waktu kegidatan pembelajaran yang terdiri dari 16-20 minggu perkuliahan atau kegiatan belajar mengajar yang terjadwal lainnya, berikut kegiatan penilaian/evaluasi.

Sedangkan sistem pembelajaran dituangkan dalam satuan kredit semester (SKS) dengan jumlah SKS masing-masing mata kuliah sesuai dengan ketentuan yang ada didalam kurikulum nasional. Pengertian 1 SKS pada masing-masing metode pembelajaran adalah sebagai berikut:

T  : 1 SKS = 1 jam pertemuan perminggu

P  : 1 SKS = 2 jam pertemuan perminggu

K : 1 SKS = 4 jam pertemuan perminggu

 

Yang dimaksud dengan T (teori) adalah kegiatan proses pembelajaran dikelas dengan meggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan. P (praktikum) adalah kegiatan proses pembelajaranyang dilaksanakan dikelas, laboratorium dan lahan praktek. Untuk melatih ketrampilan mahasiswa yang berfokus kepada integritas ilmu dan standard pelayanan kebidanan. Kegiatan ini dapat menggunakan metode simulasi, demonstrasi, role play dan bed side teaching. Yang dimaksud dengan K (klinik) adalah kegiatan proses pembelajaran dilahan praktek baik di tempat pelayanan kesehatan (RS, BPS, RB, Puskesmas, Pustu) maupun dimasyarakat. Kegiatan klinik ini dibagi dalam 3 tahap : bimbingan penuh, bimbingan sewaktu (saat dilapangan dengan waktu-waktu tertentu) dan mandiri (kegiatan praktik yang dinilai telah mampu dilakukan mahasiswa sebagai calon bidan) sesuai dengan standard pelayanan kebidanan.

Pengunjung

Hari ini 9

Kemarin 88

Minggu ini 9

Bulan ini 2056

Semua 96028

Currently are 13 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions